1.
Pengertian kasir kantor depan
Pengertian front office cashier
adalah petugas hotel yang menangani keuangan kantor depan ,dengan
mencatat semua fasilitas hotel yang di gunakan tamu dan menerima
pembayaran dari tamu–tamu pada saat check out. Pada saat tamu (check out) merupakan saat FO cashier memberikan kesan
terakhir (last impression) kepada para tamu. Employe front office cashier di
hotel mempunyai peranan yang sangat penting dalam hal menangani administrasi
keuangan hotel, baik yang berkaitan dengan pendapatan hotel maupun pengeluaran
berbagai macam biaya.
2. Syarat-Syarat Sebagai Kasir
Kantor Depan
Oleh karena itu, seorang front office cashier harus
mempunyai persyaratan sebagai berikut:
1. Jujur,
ramah dan teliti, hal ini sangat penting karena mengingat tugasnya selalu
berhubungan dengan penerimaan uang. Semua pemasukan hotel selama bertugas
menjadi tanggungjawab Kasir (cashier).
2. Menguasai
mesin/computer yang dipakainya dengan baik. Untuk menyelesaikan pembayaran (cash/credit) seorang Kasir (Cashier)
harus mengusai semua kunci pembuka dan menutup (Key posting) yang ada pada
mesin atau computer yang dipakainya.
3. Menguasai
semua jenis hitungan. Agar tidak menghambat kelancaran pekerjaan, maka seorang
Kasir (Cashier) harus mengusai semua jenis hitungan, yaitu: perkalian,
pengurangan, tambah dan bagi.
4. Dapat
mempergunakan bahasa atau bahasa Inggris dengan baik. Bahasa dan bahasa Inggris
harus dikuasainya dengan baik, karena harus berhubungan dengan tamu asing
secara langsung.
5. Mempunyai
tulisan tangan yang rapih. Tulisan tangan haruslah rapih untuk menghindari
kesalahan atau kesalafahaman.
6. Menguasai
penggunaan jenis-jenis peralatan yang dipergunakan.
7. Mempunyai
hubungan kerja yang baik, terutama dengan pegawai di lingungan sendiri, dalam
hal ini bagian Kasir Kantor Depan Hotel (Front Office
Cashier) khususnya dan Kantor Depan Hotel Departemen (Front Office Department)
pada umumnya.
8. Dapat
menguasai situasi setempat. Dalam keadaan normal seorang kasir (cashier) tidak
mengalami kesukaran, tetapi bila ada hal-hal yang tidak pernah terjadi
sebelumnya akan menjadi buyar. Umpamanya tamu yang tidak mau membayar
kwitansinya karena ada sesuatu yang tidak disetujuinya maka dalam situasi ini,
harus dapat menguasai keadaan pada saat itu.
Secara singkat uraian diatas adalah sebagai
berikut:
a.
Kejujuran
(honesty)
b. Ketelitian
(punctuality)
c.
Hati-hati
(carefullly)
d. Dapat di
percaya (reliability)
e.
Bertanggung
jabab (responbily)
f.
Cekatan
(accuracy)
g. Penolong
(helpful)
h. Ramah
(courteous)
i.
Kerapian (well gromed)
3.
Tugas Dan
Tanggungjawab Kasir Kantor Depan
Kasir front
office bertugas melaksanakan penerimaan hasil pendapatan di front office
hotel.
a.
Ruang lingkup front office
cashier dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Penanganan
pembayaran tamu hotel
2. Pelayanan
tukar uang asing(money changer)
3. Pelayanan
titip barang berharga
4. Penyusunan
hasil rekapitulasi hasi penjualan hotel
b. Persiapan
front office cashier
1. Menyiapkan
area tugasnya.
2. Menyiapkan
peralatan/perlengkapan kerja,misal nya mesin kas register,formulir
rekening tamu,dan sebagainya
3. Menyiapkan
uang kontan yang di perlukan
4. Menyiapkan
seluruh intruksi yang telah di terima, misalnya untuk penukaran
uang asing,titip barang berharga dan sebagainya
5. Menyiapakan
harga jual yang berlaku saat ini
4. Metode Pembayaran Tamu Pada Saat
Check Out
Pada dasarnya, pembayaran yang di lakukan
oleh tamu pada saat check out ada dua jenis yaitu:
1.
Pembayaran kontan/cash
a.
Hotel
menerima pembayaran kontan/cash dalam bentuk rupiah atau uang asing yang di
tetapkan pimpinan hotel
b.
Bentuk
pembayaran kontan di terima berupa:
Ø Uang kertas
Ø Uang logam,kecuali untuk uang
asing
Ø Kertas berharga sebagai ganti
uang kertas yang telah di sahkan oleh peraturan pemerintah,misal nya
traveler’s check,check dari bank,dan sebagainya
2.
Pembayaran kredit/bon
a.
Hotel
menerima pembayaran kredit sesuai dengan intruksi antara lain dalam bentuk:
Ø Kartu kredit(credit card), jenis
kartu kredit yang lazim/umumnya di terima di indonesia, misalnya
american express(amex), bank
central asia(bca), dinner’s
club, visa
card, master
card, jcb(japan
city bank)dan sebagainya
Ø Tanda tangan tamu, misalnya
untuk tamu yang menginap di hotel atau tamu dari perusahaan tertentu yang
telah di setujui oleh pimpinan hotel
b.
Setiap
penerimaan pembayaran kedit harus teliti dengan jaminan atas penagihannya, misalnya
nama dan alamat tamu yang pasti, peralatan
khusus untuk pembayaran kartu kredit, jaminan
perusahaan dan sebagainya.
c. Keragu-raguan
atas pembayaran kredit harus segera di laporkan ke atasan nya atau bagian yang
memberi izin tentang jenis kartu kredit tersebut.
Hal-hal
yang menjadi catatan dan jadi perhatian serius dalam pembayaran antara lain:
1. Pembayaran
dengan menggunakan check pribadi sebaik nya jangan di terima kecuali seizin pimpinan
hotel atau yang mewakilinya
2. Pembayaran
dari check bankharus terjamin pengguangannya dan secara umum,hotel hanya menerima
pembayaran kredit dari perusahaan/instasi yang di anggap bonafit atau tidak
sulit dalam penagihan nya
3. Hotel
wajib menyusun daftar perusahaan/perorangan yang di anggap lancar dalam
pembayaran kreditnya untuk selanjut nya di tetap kan sebagai tamu langganan
,dan yang susah/tidak lncar dalam pembayaran kredit nya untuk di tetap kan
sebagai tamu yang di ragukan atau di layanni dalam pembayaran kontan/cash.
5. Tugas Dari Night Audit
Tugas dari night audit yaitu sebagai berikut:
1. Petugas yang
memeriksa pekerjaan semua kasir operation dalam satu hari
2. Membuat
summary revenue pada malam hari
3. Menyerahkan
summary berikut lampiran bill’s pada keesokan hari kepada accounting back
office sesudah di tanda tangani oleh chef chashier
4. Bertanggung
jawab langsung kepada fin adm managger
6. Jenis-jenis Rekening Tamu
- Perorangan (individual/usual bill)
- Tambahan (extra bill)
- Inti (master bill)
7. Bagian Pokok Rekening Tamu
- Kepala/Heading
- Bagian-bagian Transaksi: tanggal, keterangan, debet (charge), credit, saldo (balance)
- Keterangan (Remark)
8. Guest Bill
- Transaksi debet rekening tamu, adalah transaksi tamnu selama tinggal di hotel. Terdiri dari: Room, F&B, Telephone, Laudry, Pool, Miscellaneuos Charge, Paid Out, etc.
- Transaksi credit, adalah transaksi yang akan mengurangi jumlah debet rekening tamu. Di antaranya: pembayaran, potongan harga, pemindahan ke bagian piutang, penerimaan transfer bank.
- Keterangan (remark), adalah billing instruction. Ada dua jenis, yaitu: Personal Account => harus ada Credit Card, Transfer Bank, dan Deposit Cash ; Company Account => harus ada Guarantee Letter ataupun Voucher.
9. Prosedur Pembayaran
a. Cash
-
Hitung uang yang diterima, buat Cash Receipt.
-
Posting ‘paid’ di kolom Credit pada Guest Bill sehingga Balance menjadi nol.
Cash Receipt dan Guest Bill distempel ‘paid’.
-
Asli dari Guest Bill dan Supporting Bill untuk tamu.
-
Catat Cash Receipt ke FO. Report sebagai dasar untuk menyetor uang ke General
Cashier.
b. Credit Card
-
Proses Credit Card sesuai total pembayaran yang tercantum di Guest Bill
kemudian imprint slip Credit Card dan tanda tangani.
-
Posting di kolom Kredit
-
Berikan salinan asli dari Guest Bill dan slip Credit Card kepada tamu.
-
Catat.
c. Bank
Cheque
-
Jika berupa mata uang asing, buatkan formulirnya lalu kalikan denganmata uang
rupiah sesuai harga beli.
d. Traveller’s
Cheque
-
Dalam menerimanya, tanda tangan harus sama. Minta tamu untuk tanda tangan lagi
di belakang cek berikut sertakan nomor identitas.
-
Buatkan formulir mata uang asing, tulis sejumlah harga yang tercantum dan
kalikan dengan harga beli rupiah.
e. Travel
Agent Voucher
-
Pastikan pembayaran sudah termasuk Room Only atau Room and Beverage ataupun
Room, Breakfast, and Lunch/Dinner.
f. Company Charge
-
Memiliki Contract Agreement
-
Seizing GM dan direktur perusahaan
g. Cash
Sales
-
Posting Cash Sales di kolom Debet pada Guest Bill dan posting lagi ‘paid’ pada
kolom Credit sehingga Balance menjadi nol.
-
Buat Cash Receipt sejumlah Cash Sales serta berikan stempel ‘paid’.
-
Catat Cash Receipt pada FO. Cashier Report.
h. City Ledger
-
Master Bill ditanda tangani dan stempel ‘charge to’.
-
Buat format City Ledger dan kirim berikut Master Bill ke bagian Account
Receivable untuk penagihan kepada pihak ketiga.
-
Jika uang cair sudah diterima, buatkan Cash Receipt dan diberikan ke Account
Receivable lalu diberikan kepada pihak ketiga.
-
Posting ‘paid’ pada kolom Credit.
-
Catat copy Cash Receipt ke FO. Cashier Report.
-
Catat Folio Balance ke City Ledger Daily Summary pada kolom Credit.
10. Paid Out Procedure
ü Each paid out must be completed and
indicate the name of the guest, room number, date, and description.
ü Receipts must be attached.
ü Paid out must be signed.
Istilah-istilah yang biasa digunakan dalam kegiatan
penanganan rekening tamu dalam rangka melayani tamu antara lain sebagai
berikut:
·
Posting, yaitu memasukan data-data
transaksi ke dalam rekening tamu.
·
Correction, yaitu perbaikan pada rekening
tamu, yang menyangkut pengurangan jumlah rekening.
·
Closing, yaitu penutupan rekening tamu
yang telah melunasi rekeningnya.
·
Adjustment, yaitu perbaikan pada rekening
tamu untuk hari yang sudah lewat, misalnya pemotongan harga kamar (discaount).
·
Paid out, yaitu pengeluaran jumlah uang
dari kasir untuk keperluan hotel.
·
Late charges, yaitu keterlambatan memasukkan
transaksi (posting) kedalam rekening tamu.
·
Deposit, yaitu pembayaran sejumlah uang
oleh tamu kepada kasir kantor depan.
Apakah sama system kerja FO Cashier di hotel kecil dengan hotel besar?
BalasHapussama, mungkin jika di hotel kecil yang menanganinya dirangkap oleh resepsionis hotel tersebut.
Hapusgood information
BalasHapusseberapa jauh anda mendalami tentang front office cashier ??
BalasHapusinformasinya sangat membantu
BalasHapusApakah angga punya pengalaman pribadi tentang FO CASHIER?
BalasHapusSangat membantu
BalasHapus